Sabtu, 16 Juni 2012

ENSIKLOPEDI POPULER ANAk


ABJAD
Pada awalnya manusia menulis dengan menggunakan tulisan gambar , berupa gambar-gambar kecil tentang berbagai hal yang ingin di ungapkan. Kegiatan ini memakan waktu lama, karena terdapat aneka gambar untuk tiap kata. Sekarang manusia menulis menggunakan abjad. Abjad tak menggunakan gambar, melainkan sekumpulan hufuf atau lambang bunyi. Masing-masing bunyi merupakan nagian dari salah satu kata. Gabungan beberapa huruf secara bersama-sama akan membentuk sebuah kata. Suara manusia dapat menghasilkan sekitar 35 bunyi yang berbeda-beda dalam pengucapannya. Karena abjad membutuan 35 huruf guna menuliskan kata. Namun umumnya abjad memuat kurang dri jumlah itu. Bangsa fenisia yang hidup sekitar 3.000 tahun lalu di suriah menciptakan abjad modern yang pertama. Abjad ini kemudian di adaptasi oleh bangsa yunani kuno, dan di kembangkan oleh bangsa romawi. Abjad romawi (latin) kini digunakan di seluruh penjuru dunia.
ABJAD LATIN
Abjad latin memiliki 26 huruf. Abjad ini di gunakan dalam bervagai bahasa. Misalnya bahasa inggris,eropa,dan sebagian bahasa timur jauh,seperti Vietnam dan Indonesia .
ABJAD MODERN
Abjad modern memiliki salah satu abjad yang ada di dunia. Banyak bahasa latin menggunakan lambang yang berbeda untuk mewakili bunyi yang sama dengan abjad latin. Pembaca jepang mulai membaca dari sisi kanan ke kiri atau dari atas ke bawah halaman.
ABRI (TNI)
Hamper semua Negara di dunia memiliki angkatan bersenjata sendiri dengan jumlah anggota yang berbeda-beda. Angkatan bersenjata diperlukan untuk membelah suatu Negara dan menaklukan musuh Negara itu. Itulah yang dipikirkan oleh para pemimipin Indonesia ketika kemerdekaan indonesia baru di proklamasikan pada tahun 1945. Dengan perlengkapan yang masih sangat sederhana, tahun itu juga dibentuklah BADAN KEAMANAN RAKYAT (BKR) dengan mempersatukan lascar-laskar pejuang yang ada pada waktu itu. BKR inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya TNI (Tentara Republic Indonesia) dikemudian hari. Teknologi telah mengubah car kerja TNI. Kalau dulu, di masa perang kemerdekaan, TNI terlibat dalam pertempuran secara berhadap-hadapan melawan belanda , bahkan menjalankan taktik gerilya,kini TNI telah mengandalkan senjata berdaya tembak jarak jauh. TNI bahkan telah merenapkan teknologi muktahir, termasuk rudal, pesawat tempur F-16, dan helicopter canggih.
AFRIKA
Hanya sedikit wilayah yang punya keanekaragaman seperti afrika. Dibenua ini ada 53 negara merdeka. Jumlah kebudayaan kuno dan bangsanya jauh lebih banyak . pantai utara subur, tapi di selatannya langsung langsung terampar gurunsahara yang tandus. Di selatan gurun itu terdapat hutan basah tropis. Sebagian besar wilayah selatan dan timur berupa sabana, yaitu daratan yang kering yang disana sini ditumbuhan pohon dan semak.
ANGKATAN DARAT
Kelompok terbesar dalam TNI adalah  angkatan darat . angkatan darat terdiri atas sejumlah kesatuan,seperti infanteri ( pasukan berjalan kaki ), dan artileri ( pasukan bersenjata berat )
ANGKATAN LAUT
Indonesia adalah Negara maritime . karena itu, pemerintah indonesia membangun angkatan laut yang kuat, yaitu TNI-AL. kalau tidak bisa-bisa wilayah kita akan tidak aman dan menjadi bulan-bulanan penjahat seperti perombak,pencuri ikan,dan penyeludup. TNI-AL menghalau musuh sampai perairan laut  aman.
BAHASA
     Berbicara adalah salah satu kemampuan manusia yang membedakan manusia dan makluk lain. Beberapa jenis mamamlia dan burung memiliki bahasa sederhana berupa bunyi. Namun kemammpuan berbicara manusia lebih jauh berkembang.
BALET
     Balet adalah gabungan drama tanpa dialog dengan tari dan music dalam suatu pementasan sebuah lakon. Balet lahir di abad- ke 17 sebagai hiburan keluarga bangsawan eropa.


BAMBU
     Bambu adalah anggota keluarga perdu. Bamboo dapat dibuat alat music/ kesenian lainnya.jika dibuat alat music suara music bamboo sangatlah merdu. Bamboo juga bermanfaat sebagai bahan makanan,bangunan,kerajinan tangan,serta bahan pembiatan tektil dan kertas .
BATIK
     Membatik adalah seni melukis kain dengan teknik pewarnaan khusus. Seni membatik merupakan seni tradisional asli indonesia, khususnya pulau jawa.
BATU BARA
     Manusia memanfaatkan batu bara untuk memasak dan memanaskan selama ribuan tahun. Pada abad ke -19,batu bara merupakan bahan bakar terpenting.batu bara juga merupakan bahan mentah terpenting untuk aneka produk.
BATU ROSETTA
Bangsa mesir kuno menggunakan suatu sisteam tulisan gambar yang disebut hieroglif. Makna tulisan ini telah terlupakan sejak 1.600 tahun lalu,sehingga tak suatu pun orang yang dapat membaca dokumen-dokumen mesir. Sampai pada tahun 1799,beberapa tentara perancis mendapat penemuan yang luar biasa, yaitu sebuah prasasti yang berisi tulisan hieroglif dalam bahasa yunani di dekat Alexandra, mesir. Dengan menggunakan pengetahuan tentang yunani, para ahli dapat mengetahui makna hieroglif tersebut.
BEBEK , ANGSA DAN , BELIBIS
     Burung air adalah sebutan bagi bebek, angsa dan belibis yang hidup di danau atau sungai. Umumnya burung berleher panjang dan luwes yang memungkinkan menunduk ke dalam air guna mencari makanan. Sebagian besar waktunya di gunakan untuk meminyaki bulunya dengan parunya.
BELANDA
     Kita senang menyebut belanda dengan HOLLAND ,sebenarnya  nama HOLLAND adalah nama 2 propinsi dari 12 propinsi di belanda. Orang belanda menyebut negaranya NEDERLAND artinya negeri rendah.


BENDERA
     Bendera lazim digunakan untuk menyampaikan pesan,ucapan selamat, atau dorongan semangat. Setiap Negara mempunyai bendera. Kebamnyakan organisasi, seperti Palang merah internasional, juga punya bendera. Contohnya Negara indonesia, warna berdera kita adalah merah putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar